• Breaking News

    Jurnalis Profesional

    Kamis, 22 September 2016

    Reporter atau Presenter??

    Reporter adalah seseorang yang bertugas melakukan peliputan berita, di lapangan, di tempat terjadinya peristiwa, dan melaporkannya kepada publik, baik dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau dalam situs berita di internet. Apabila dilaporkan secara lisan, laporannya disampaikan melalui media elektronik berupa radio atau televisi. Dalam melakukan peliputan, seorang Reporter harus berdasar pada system liput jurnalis seperti 5W+1H yang digunakan untuk wawancara secara langsung pada narasumber dilapangan. Selain itu, seorang Reporter harus bertanggung jawab atas semua informasi yang diperoleh dan yang akan dilaporkan baik berupa isi ataupun topik yang diangkat. Hasil kerja reporter, baik merupakan naskah tulisan ataupun lisan, umumnya harus melalui penyuntingan redaktur atau produser berita sebelum bisa disiarkan kepada publik.
    Lalu, apa perbedaannya dengan presenter berita?
    Presenter berita menyampaikan berita yang sudah diolah oleh penulis naskah. Seorang presenter hanya menyajikan berita di tempat studio itu berada. Jadi, berita yang sudah ada, dibacakan ulang oleh presenter dengan membaca teks yang ada. Sedangkan reporter harus mengolah berita sendiri terlebih dahulu, karena tujuan di hamper mirip dengan wartawan, yaitu mencari berita, untuk kemudian disampaikan langsung oleh pemirsa.
    Mana posisi yang lebih menarik bagimu? Mungkin jika kamu tidak suka ribet dan bepergian jauh, presenter bisa jadi posisi yang pas. Namun jika kamu orang yang haus akan pengalaman, hobi jalan-jalan dan suka akan hal-hal baru, kamu bisa menantang dirimu sendiri dengan mencoba sebagai reporter.

    Sumber : https://gagahsamudra.wordpress.com/2012/05/14/reporter-atau-presenter/

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar