• Breaking News

    Jurnalis Profesional

    Kamis, 22 September 2016

    Tugas Seorang Reporter



    Reporter, mendengar kata itu mungkin di benak kita muncul sebuah gambaran seseorang yang mengenakan pakaian rapi, sedang melaporkan informasi yang berkaitan dengan suatu kejadian di tempat perkara. Itulah gambaran sebagian orang tentang reporter yang sering muncul di layar televisi. Dalam kenyataannya reporter itu tidak hanya bekerja untuk stasiun televisi, namun juga ada reporter yang bekerja untuk media massa lainnya seperti radio, surat kabar, majalah, tabloid, dll.
     
    Secara umum, reporter adalah orang-orang bekerja untuk mencari tahu lebih dalam tentang kebenaran suatu informasi yang dapat dijadikan suatu berita yang layak untuk dikonsumsi publik sesuai dengan kode etik yang telah ditetapkan. Reporter itu biasanya bertugas untuk menggali informasi tentang suatu hal dengan cara mewawancari narasumber yang berkaitan dengan hal yang akan diberitakan ke publik. Awalnya reporter akan mempersiapkan dulu pokok bahasan apa yang akan diangkat dan menentukan apa goal setting dari berita tersebut, lalu setelah itu menentukan narasumber yang dapat digali informasinya agar goal setting itu bisa tercapai. Goal setting bisa tercapai apabila pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan menjurus pada goal setting tersebut, dan narasumber memberikan jawaban yang sesuai dengan arah pertanyaan yang diajukan. Setelah semua informasi yang didapat cukup untuk memenuhi tercapainya goal setting, lalu reporter melaporkan apa yang sudah didapatnya dan menuangkan ke dalam berita yang dapat disampaikan melalui media televisi, surat kabar, dll. 

    Melihat tugas reporter yang begitu mulia, yaitu salah satunya mencari informasi untuk mengungkapan suatu kebenaran, Menurut saya tugas seorang reporter adalah sangat penting. Mengapa demikian? Karena seorang reporter adalah orang yang sangat dibutuhkan ketika kita akan memberitakan suatu informasi kepada khalayak. Ialah orang yang mencari berita, tanpa reporter bagaimana berita itu dapat diketahui kebenarannya. Dari informasi yang diperoleh para reporter, lalu diolah menjadi sebuah produk berita yang layak dikonsumsi khalayak. Sumber dari segala berita berasal dari masyarakat yang kemudian dikumpulkan, dihimpun dan dirangkum menjadi satu oleh reporter yang kemudian disebarluaskan kembali ke masyarakat. Tanpa disadari reporter adalah penghubung antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain, dengan memberikan berbagai informasi yang bermanfaat. 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar